Halloween party ideas 2015

Setelah beberapa kali mewawancara calon programmer baru, saya menemukan bahwa cukup banyak dari kandidat pelamar kerja, baik fresh graduate maupun yang (ngakunya) experienced masih belum memahami beberapa pengetahuan dasar.

Entah apa sebabnya. Beberapa kemungkinan bisa saya perkirakan, sebagai berikut:
  • Tidak diajarkan di kuliah
  • Diajarkan, tapi mahasiswa bersangkutan lebih banyak dugem daripada kuliah
  • Diajarkan dan pernah mengerti, tapi karena jarang digunakan jadi lupa

Apapun masalahnya, yang jelas kenyataan ini sangat memprihatinkan. Indonesia tidak akan maju jika bibit tenaga kerjanya mudah merasa cukup.
Secara pribadi, saya punya standar sendiri dalam melakukan seleksi. Jadi buat yang mau melamar kerja, silahkan berlatih. Siapa tahu Anda berhadapan dengan saya di meja wawancara
Berikut menu wajib programmer:
  • Konsep dasar sistem operasi.
  • Konsep dasar jaringan.
  • Konsep dasar relational database.
  • Karena sekarang jaman internet, maka wajib memahami protokol HTTP, FTP, POP3, SMTP, SSH.
  • Karena sekarang jaman globalisasi, makawajib memahami Unicode
  • Lebih dari satu bahasa pemrograman.
  • Cara menggunakan Version Control.
Berikut pertimbangannya.
Kebanyakan dari programmer Indonesia biasanya membuat aplikasi di atas sistem operasi, sehingga banyak yang berpendapat bahwa tidak perlu memahami cara kerja sistem operasi. Pendapat ini boleh saja, kalau Anda adalah staf akunting yang kebetulan dipaksa bos untuk membuat aplikasi general ledger. Untuk programmer profesional, pemahaman ini akan membuat Anda lebih siap untuk membuat aplikasi server yang biasanya multithreaded dan harus efisien digunakan dalam waktu yang lama.
Pemahaman mendalam di salah satu sistem operasi juga merupakan nilai tambah yang signifikan. Dengan mengetahui struktur internal sistem operasi (misalnya Linux), kita dapat mengetahui berbagai pertimbangan dalam merancang aplikasi besar yang terus berkembang.
Saat ini, kalau kita harus membuat aplikasi, besar kemungkinannya aplikasi kita tidak berjalan sendiri. Aplikasi tersebut pasti harus berhubungan dengan internet, melayani banyak pengguna, atau berhubungan dengan perangkat lain seperti handphone atau PDA. Untuk itu, pemahaman atas konsep jaringan sangat penting.
Tes sederhana untuk menguji pemahaman Anda. Coba jelaskan proses yang terjadi mulai dari Anda mengetik www.forum-handphone.com di browser Anda, sampai halaman ini terbentang di depan mata Anda. Dengan mendengarkan jawaban Anda, saya akan tahu kualitas Anda. Jawaban yang saya harapkan mengandung istilah name-resolve, http-request, virtual directory, query database, HTML response, dan CSS. Kalau Anda menyebutkan (apalagi menjelaskan) tentang routing, gateway, proxy, port 80, saya akan lebih senang lagi.
Tentang relational database. Saya tahu ini pasti pernah diajarkan di kuliah. Jadi lulusan informatika dan sejenisnya jangan bilang belum diajarkan. Yang saya maksud bukan sekedar sintaks SQL. Sintaks itu gampang, bisa di cari dengan mudah di internet. Yang saya inginkan adalah penjelasan tentang Boyce-Codd Normal Form, lengkap dengan contoh kasusnya, di luar kepala. Kalau sudah bisa menjelaskan ini, inner join, subquery, union, itu perkara sepele.
Protokol HTTP sekarang adalah protokol yang paling banyak digunakan di internet. Jangan salah, ini bukan tentang sintaks HTML atau CSS. Jadi apa? Begini, coba tampilkan halaman website ini dengan menggunakan telnet. Benar, bukan browser, tapi telnet.
Kalau sudah bisa browsing dengan telnet, sekarang coba untuk baca email via telnet. Menggunakan protokol POP3 atau IMAP tentunya. Punya account Gmail kan? Hare gene gak punya? Ya bagus, kalo punya coba aktifkan fitur POP3nya, setelah itu buka dengan telnet.
Unicode itu penting supaya aplikasi kita tetap bisa diinstal di komputer orang Jepang atau Korea, atau komputer berbahasa Sansekerta.
Pemahaman lebih dari satu bahasa itu penting agar wawasan kita terbuka. Bahwa tidak ada bahasa yang one-fit-all, bahwa ada cara berpikir yang berbeda dalam tiap bahasa, bahwa komunitas tiap bahasa berbeda budayanya. Semua ini akan berkontribusi dalam pendewasaan kita dalam berdiskusi dan menanggapi perbedaan (terutama pendapat).
Satu lagi, trend bahasa pemrograman adalah, tiap sepuluh tahun, market leader berganti. Dulu COBOL, kemudian C++, sekarang Java. Jadi, kemampuan belajar bahasa baru sangat penting. Bukan cuma bahasanya yang penting, tapi kemampuan belajarnya yang lebih penting.
Di tempat saya bekerja, penggunaan version control adalah wajib. Ini standar (de facto) internasional. Kalau kita punya project opensource, baik di Sourceforge, Apache, Codehaus, dan semua hosting project opensource, pasti kita akan diberikan version control. Silahkan download dan coba gunakan CVS atau Subversion.
Ok, itu standar minimal saya. Menurut Anda terlalu sulit? Hmm .. kalau begitu dunia IT menjadi programmer nampaknya kurang cocok buat Anda. Silahkan coba karir lainnya, misalnya notaris atau sopir busway


sumber
PHP Code:
http://endy.artivisi.com/blog/life/pengetahuan-wajib-buat-programmer/ 

Kali ini saya akan memberikan gambaran tentang kemudahan setting Flexshares untuk berbagi data via Windows networking/ Samba, FTP server, dan Web Server.

Flexshares adalah fitur khusus di ClearOS yang memudahkan pengaturan file/directory sharing dengan menggunakan satu akun di ClearOS untuk berbagai media sharing. 
Penjelasan kali ini bukanlah tutorial, tetapi lebih kepada gambaran umum saja akan fungsi-fungsi dalam Flexshares. Pembahasan detail teknis, silahkan menuju Forum COSI (http://clearos-indonesia.com)

Untuk menggunakan Flexshare, terlebih dahulu kita install module nya melalui Software modules.
Langkah 1 : Membuat Flexshares

Langkah 2 : Menentukan Media Sharing

A . Windows Networking (SAMBA)
Flexshares dapat digunakan untuk share dalam jaringan Windows menggunakan Samba. Berikut ini adalah folder Flexshares yang berisi ebook COSI yang akan di browse dari Windows melalui Windows Explorer.

Lakukan konfigurasi Flexshares untuk File Sharing di Windows


Lakukan konfigurasi di Server Samba atau Windows Settings di ClearOS


Coba akses dari Windows , masukkan user dan password yang terdaftar di ClearOS


Jika sukses, maka ebook dalam folder Flexshares dapat diakses melalui Windows Explorer



B. FTP Server
Flexshares dapat juga diakses melalui FTP, syaratnya FTP server di ClearOS harus sudah jalan (enable).
Konfigurasikan FTP akses di Flexshares.


Kemudian coba akses via program FTP client. Dalam contoh dibawah ini memakai program FTP Filezilla.


C. Web Server
Flexshares juga dapat diakses melalui browser. Untuk ini diperlukan Webserver yang telah jalan dengan baik di Server ClearOS, pastikan Webserver telah aktif.

Konfigurasikan Web share di Flexshares.


Jika telah selesai, coba akses via browser.

Yup... Done..!

Inilah 3 cara share data melalui Flexshares yang selain tingkat keamanan yang tinggi, juga mudah di konfigurasi.
Seperti kesepakatan awal, hal-hal teknis yang belum jelas, silahkan kita diskusikan di Forum ClearOS Indonesia.

Selamat mencoba...   ^_^

   

1. Download software yang diperlukan:

  • Shoutcast Server (download versi Linux atau Windows)
  • Shoutcast DSP Plugin (download versi Linux atau Windows)
    2. Install dan jalankan Shoutcast Server di komputer yang ingin kita jadikan server. Untuk instalasi di Linux cukup ekstrak file “shoutcast-1-9-5-linux-glibc6.tar.tar” dan jalankan file “sc_serv”. Tidak perlu menjadi root untuk menjalankannya.

    3.
    Install Winamp dan Shoutcast DSP Plugin di komputer tempat kita akan mengalirkan content radio (mp3 music, dsb) ke Shoutcast Server.

    4.
    Jalankan Winamp, kemudian klik kanan dan pilih “Options” -> “Preferences”.

    5.
    Klik DSP/Effect di bagian Plug-ins dan pilih Nullsoft SHOUTcast Source DSP. Kemudian akan muncul satu window SHOUTcast Source dengan menu “Main”, “Output”, “Encoder”, “Input”.

    6.
     Pilih “Output” dan klik “Connect” untuk konek ke Shoutcast server, sebelumnya perlu diperhatikan beberapa hal di bawah:

  • Cek “Address” apakah sudah sesuai dengan server anda. Pilih “localhost” apabila anda install server di tempat anda menginstall Winamp dan DSP Plugin.
  • Password default adalah “Changeme” (tanpa tanda kutip). Anda dapat mengubah setting password ini di “sc_serv.ini” atau “sc_serv.conf” yang terletak satu direktori dengan Shoutcast Server. (C:\Program Files\SHOUTcast\ untuk versi Windows)

    7.
    Sekarang tinggal alirkan saja content (music, sound, dsb) ke Shoutcast Server. Caranya mudah, letakkan file mp3 di Winamp dan tekan tanda play, maka music anda akan ter-broadcast ke seluruh dunia maya.

    8. Cek dengan menjalankan Winamp dari komputer lain dan klik kanan pilih “Play” -> “URL” dan masukkan http://serveranda:8000. Ganti “serveranda” dengan nama domain atau IP address dimana Shoutcast server diinstal dan dijalankan.

    9. Pertanyaan lain yang muncul, bagaimana kalau kita ingin mengalirkan suara kita secara live? Siapkan microphone dan masukkan kabel microphone ke soundcard PC anda. Kemudian kembali ke Winamp anda, pada SHOUTcast source, pilih “Input”, kemudian ubah “Input device” dari “Winamp (recommended)” ke “Soundcard Input”. Lalu siapkan microphone di depan mulut anda, dan ucapkan “Selamat datang di Radio Internet saya yang tercinta ini”. 
    Semoga bermanfaat .

PENTING ! Anda Ketahui disinilah banyak persepsi salah! Sebenarnya antara KBps dan Kbps adalah beda, memang dalam pengucapan banyak yang sama.
Pada dasarnya KBps dan Kbps merupakan satuan yg sangat berbeda. pernah liat kan iklan promosi para ISP (Speedot, IM*, atau Tel*sel Flash) yg menawarkan speed inet mulai up to 128 Kbps – 7.2 Mbps?? Tapi kenapa pas donlot real gak prnah dapet segitu ya?? kenapa gtu ??
Berikut penjelasan detailnya:
* KBps (Kilobyte per second)
* Kbps (Kilobit per second)
Konversi 1 byte = 8 bit


Untuk mengetahui speed download realnya, gampangkan, tinggal dibagi aja speed yg d kasih ISP dgn angka 8 (Delapan)
Berikut listnya:

128 Kbps: 128/8= 16 KBps
256 Kbps: 256/8= 32KBps
384 Kbps: 384/8= 48 KBps
512 Kbps: 512/8= 64 KBps
1 Mbps : 1024/8= 128 KBps

Hal ini sering menimbulkan pertanyaan “katanya 256 kbps kok dapatnya waktu download cuman 32 KBps ? Kalau dijabarkan,
Jika 1 Byte = 8 bit artinya bila berlangganan 1 Mbps Dedicated dan dapatnya adalah 128 KBps x 8 = 1024 Kbps / 1 Mbps
Jika kecepatan 256 kbps maka yang didapat adalah 256/8= 32 KBps
Jika kecepatan 384 kbps maka yang didapat adalah 384/8= 48 KBps

byte-bit

Sering orang bicara “kecepatan internetku 384kbps tapi ko download cuma 30-40kbps ya?”
Sebenarnya kedua istilah itu apa sih? Kalau saya ambil dari wikipedia,
bita (Bahasa Inggris: byte) adalah istilah yang biasa dipergunakan sebagai satuan dari penyimpanan data dalam komputer. Satu bita terdiri dari delapan bit.
Huruf B digunakan dalam singkatan kepada byte. (bit menggunakan singkatan b.) seperti kB = kilobita. Cakram keras (hard disk) berkapasitas 40GB secara mudahnya bermaksud cakram keras tersebut mampu menyimpan hingga 40 ribu juta (milyar) bita atau gigabita data.
Jadi Byte dengan bit adalah berbeda. Biasanya kecepatan internet ditawarkan 384kbps, berarti untuk kecepatan dalam Byte adalah 384 / 8 = 48 kBps artinya dalam satu detik, dapat menghantarkan data sebesar 48 kilo byte.
Contoh perhitungan Byte dan bit
Misalkan anda memiliki sebuah file yang terdiri dari 100.000 kata dan anda ingin tahu berapa lama kita bisa mendownload file tersebut melalui internet yang memiliki koneksi 33.600 bps.
Asumsikan dalam setiap kata terdiri dari 5 huruf/karakter. Berarti jika ada 100.000 kata, maka anda memiliki 500.000 huruf/karakter:
Setiap karakter terdiri dari 1 Byte, berarti anda memiliki 500.000 Byte
Setiap Byte terdiri dari 8 bit, berarti 500.000 Byte yang anda miliki bernilai 500.000 x 8 = 4.000.000 bit
Selanjutnya 4.000.000 bit yang anda miliki dibagi dengan 33.600 = 119 detik
Artinya waktu anda untuk mendownload file yang memiliki 100.000 kata kurang lebih 119 detik (2 menit) dengan kecepatan akses 33.600 bps
Dalam jaringan komputer, biasanya Byte dan bit dipakai utk menggambarkan kecepatan transfer/download data.
Satuan KBps (KiloByte/second) dipakai jika data di sini secara umum memakai Byte untuk satuannya (contohnya seperti protokol-protokol yang ada pada level aplikasi seperti http,ftp,smtp,dsb).
Sedangkan kbps (kilobit/second) dipakai jika data yang ditransfer memakai bit untuk satuannya (contohnya adalah protokol-protokol layer 2 ke bawah seperti ethernet yang mentransfer data dalam frame-frame).
Itu sebabnya kecepatan sebuah modem tertulis = 33.6 kb/s (karena modem termasuk dalam protokol layer 2 kebawah seperti halnya ethernet), sedangkan saat kita mendownload sebuah file, maka browser akan memperlihatkan (misal) 3 KB/s (karena browser terkoneksi dengan protokol http/ftp).
Mengapa 1 Byte = 8 bit ?
Ada dua cerita. Pertama, saat masih jaman punch card (kartu berlubang). Kedua, saat jaman pertama munculnya teknologi prosesor yang berbasis 8 bit.
Cerita pertama. Punch card teknologi terakhir mampu menangani karakter sejumlah 64 karakter dimana tiap karakter dikodekan dalam susunan 8 kombinasi lubang. IBM, selaku produsen mesin punch card, menyebut kombinasi 8 lubang tsb dengan ‘byte’ yang katanya semakna dengan ‘octet’. Meskipun begitu, kombinasinya masih belum dalam format ASCII karena waktu itu memang belum ada standarisasi ASCII.
Cerita kedua, lanjutan dari cerita pertama. Teknologi punch card ini kemudian berkembang menjadi teknologi prosesor yang saat itu baru mampu bekerja dalam kombinasi biner 8 digit. Maka diadopsilah kombinasi 8 lubang punch card ke dalam biner 8 digit yang semakin ‘menguatkan’ istilah ‘byte’.
Demikianlah, akhirnya ‘byte’ kemudian dipake sebagai satuan 8 digit biner. Sehingga walaupun teknologi prosesor berkembang hingga mampu bekerja dalam 16 digit, tetap disebut sebagai 2 byte.
Kemudian, sekedar menambah informasi. Karakter ada dua jenis, yaitu singlecode character dan unicode character. Keterbatasan standar ASCII yang hanya mengenali sejumlah 256 karakter tidak lagi mencukupi kebutuhan perkembangan IT yang semakin mendunia. Pada awalnya, hal ini diatasi dengan mengembangkan character encoding yang memetakan ulang 256 karakter untuk wilayah2 tertentu. Misalnya, di Asia karakter ke-60 adalah ‘A’, tapi di Eropa karakter ke-60 adalah ‘À’. Tapi ini jadi masalah saat tulisan Eropa (dengan encoding Eropa) mau dibaca di Asia (dengan encoding Asia) karena tulisannya jadi kacau balau. Karena itu dikembangkanlah standar baru yang disebut unicode character dimana satu karakter tidak lagi diwakili 1 byte, melainkan 2 byte.

Semoga dengan sedikit tulisan ini, kita tidak salah kaprah lagi dalam menggunakan istilah Byte Bit KBps Kbps :)

“Education makes people easy to lead, but difficult to drive; easy to govern, but impossible to enslave”, itu adalah kata bijak dari seorang Henry Peter Brougham. Kata-kata ini menunjukkan apa yang dilakukan pendidikan pada seseorang dan betapa pentingnya pendidikan bagi seseorang. Thomas Jefferson, presiden Amerika Serikat ke-3 berkata, “A nation’s best defense is an educated citizenry”. Ia mengungkapkan betapa pentingnya pendidikan bagi suatu bangsa lewat kata-katanya. Bukti nyata, Amerika pernah menjadi negara paling kuat dan berkuasa di dunia meskipun saat ini mulai menurun setelah krisis ekonomi. Hal itu awalnya adalah sebuah mimpi, namun menjadi kenyataan setelah pendidikan diutamakan dan difasilitasi dengan baik. Apa yang terjadi pada Indonesia? Apakah masyarakatnya tidak terdidik? Ataukah ada yang salah dengan kualitas pendidikan yang ada saat ini sehingga Indonesia hanya jalan di tempat saat ini? Jawaban untuk kedua pertanyaan tersebut adalah “ya”. Menurut Badan Pusat Statistik Indonesia, penduduk usia 15 tahun ke atas yang bekerja berjumlah 111,28 juta penduduk dan 55,12 juta diantaranya adalah tamatan SD ke bawah. Artinya 50% pekerja di Indonesia adalah tamatan pendidikan dasar. Jika dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya, Singapura memiliki presentase lulusan terbanyak di secondary sebanyak 24.6% dan lulusan universitas sebanyak 11.7%. Berdasarkan QS World Universities Ranking, ranking universitas kita juga kalah dengan Singapura, Malaysia dan Thailand, kita berada diperingkat 50 Asia, dan 217 dunia, kalah jauh dibanding Singapura yang memperoleh peringkat 3 (NUS) dan 17 (NTU) Asia, untuk peringkat dunia Singapura memperoleh peringkat 28 (NUS) dan 58 (NTU). Di Asia Tenggara, Universitas kita kalah dengan universitas dari Singapura, Thailand dan Malaysia.

Tahun ini poin kita di EDI (Education Development Index) juga menurun. Kemerosotan kita terjadi karena banyak hal, namun yang paling penting itu semua dipengaruhi oleh pendidikan dan apa yang ditanamkan di sekolah. Oleh karena itulah pendidikan sangatlah penting dan hal ini kurang disadari oleh sebagian besar penduduk Indonesia bahkan pemerintahannya. Banyak masalah pendidikan di Indonesia yang harus dibenahi agar kita bisa membangun kembali kualitas pendidikan yang bermutu dan mencapai prestasi internasional. Masalah tersebut antara lain, orientasi nilai bukan ilmu, orientasi mengikuti bukan pencipta, tenaga pendidik, biaya pendidikan dan pungutan liar, dan luar negeri lebih menjanjikan daripada dalam negeri.
Sebagian besar siswa Indonesia mengakui bahwa yang mereka kejar di sekolah adalah nilai, bukan ilmu. Artinya mereka lebih mendahulukan nilai baru memikirkan ilmu. Ada 2 alasan kenapa hal ini terjadi, yaitu sistem dan lingkungan. Sistem pendidikan Indonesia menuntut nilai yang tinggi bukan ilmu yang tinggi. Memang sistem pendidikan di seluruh dunia menuntut nilai yang tinggi, namun guru-guru di luar negeri bisa menanamkan konsep yang lebih kuat bahwa ilmu adalah yang terpenting dan nilai adalah nomor 2. Inilah yang tidak mampu diatasi guru di Indonesia, sehingga pola pikir siswa terpengaruh dengan sistem yang ada bahkan siswa terpicu untuk melakukan hal-hal negatif untuk mendapatkan nilai yang tinggi. Lebih parahnya lagi, beberapa orang tua tidak menyadarkan anaknya dan malah melakukan hal-hal buruk lainnya agar anaknya bisa memperoleh nilai yang tinggi. Tentu saja hal ini terjadi karena sistem pendidikan dan orientasi siswa Indonesia telah rusak sejak dulu. Sehingga kerusakan ini terus berlanjut seperti rantai hingga sekarang, dan segelintir orang yang justru menikmatinya. Artinya lingkungan disekitar siswa juga mendukung konsep ini karena dari dahulu kala konsep inilah yang tertanam. Hingga perguruan tinggi, konsep ini terus tertanam pada sebagian mahasiswa, padahal perguruan tinggi adalah tempat ilmu bukan nilai. Konsep yang seharusnya ditanamkan adalah memperoleh nilai yang “bagus” bukan “tinggi”, karena dalam KBBI, bagus berarti baik sekali dan tinggi berarti jauh antaranya dari sebelah bawah dan bahkan ada definisi negatif yaitu sombong. Guru harus menekankan kata bagus bukan tinggi, dan perlu ada penjelasan bahwa ilmu jauh lebih penting daripada nilai yang tinggi, sebab dalam dunia pekerjaan hal yang diperlukan adalah ilmu bukan nilai yang tinggi. Orang dengan nilai yang tinggi namun tidak berilmu akan jatuh dengan sendirinya, namun orang dengan nilai yang tidak terlalu tinggi namun berilmu akan sukses dikemudian hari.
Satu lagi konsep pendidikan yang salah adalah : siswa diberi tugas untuk menguasai, menghafal, dan menuliskannya lagi dikertas dengan konsep pemikiran yang sama bukan menguasai, mengerti, dan menuliskannya lagi dengan pengembangan konsep pemikiran sendiri dan menambahkan hal-hal baru. Hal ini berpengaruh bagi mental siswa dan pola pikir mereka. Banyak siswa yang hanya menjadi pengikut dan tidak menjadi pencipta. Padahal kebanggaan suatu bangsa adalah ketika bangsa tersebut mampu menciptakan dan membuat pengaruh bagi dunia. Dalam pelaksanaannya pendidikan Indonesia sering menanamkan konsep yang salah, dan hal ini perlu diubah. Harus ditanamkan konsep siswa belajar untuk menciptakan sesuatu, bukan hanya mengikuti apa yang tertulis di buku. Jika konsep ini berhasil ditanamkan, perubahan besar akan terjadi dan kemajuan bangsa akan naik pesat, karena mental pencipta adalah aset berharga bagi suatu bangsa dan sangat dihargai diseluruh dunia.
Tenaga pendidik juga memegang pengaruh besar bagi kemajuan kualitas pendidikan di Indonesia, apalagi dalam penanaman konsep pendidikan (seperti yang telah dibahas tadi) dipegang oleh guru. Kembali lagi ke kualitas, tenaga pendidik Indonesia masih banyak yang tidak memenuhi standar, baik ilmu yang dimiliki maupun kepribadian. Sebenarnya tenaga pendidik Indonesia banyak yang kompeten bahkan berlevel Internasional, masalahnya adalah mereka bekerja di luar negeri. Hal inilah yang jadi akar permasalahan pendidikan selain konsep pendidikan yang salah. Tenaga pendidik yang tersisa di Indonesia adalah tenaga pendidik dengan kualitas standar, dan tenaga pendidik yang berkualitas tinggi sangat sedikit presentasenya. Ditambah lagi setelah dari pendidikan tinggi, orang yang ingin mengabdikan dirinya sebagai tenaga pengajar sangat sedikit, sehingga yang menjadi tenaga pengajar benar-benar sedikit dan kebanyakan justru tidak memenuhi kuota pendidik yang ada, sehingga pada akhirnya direkrutlah tenaga pendidik yang biasa-biasa saja (hal ini sering terjadi di lembaga pendidikan negeri). Di lain hal, tenaga pendidik berkualitas yang mampu direkrut tidak ditempatkan secara merata di Indonesia, namun kebanyakan ditempatkan di pulau Jawa. Hasilnya, pendidkan yang diterima di Indonesia Timur cukup jauh bedanya dengan yang diterima di Indonesia Barat. Jelas Indonesia Barat lebih maju. Hal inilah yang sering memacu kecemburuan sosial, imigrasi besar-besaran ke Indonesia Barat, dan turunnya kepercayaan diri siswa dan masyarakat Indonesia Timur. Hal ini harus dibenahi, terutama pemerintah yang memegang peranan besar dalam pembenahan pendidikan Indonesia. Alasan mengapa tenaga pendidik berkualitas ke luar negeri adalah karena gaji yang rendah di negara sendiri, dan pemerintah tidak peduli dengan hal ini. Padahal dana pendidikan dianggarkan hingga diatas 200 Trilliun rupiah, namun tidak ada dampak berarti bagi pendidikan Indonesia. Mungkin saja masih dalam proses atau malah dana tersebut tidak sampai kepada yang berhak, namun hanya singgah ke kantong pejabat tinggi atau biasanya kita sebut korupsi. Memang pemerintah juga tidak sepenuhnya salah, seharusnya kesadaran tenaga pengajar juga berpengaruh. Harusnya tenaga pengajar di luar negeri sadar siapa mereka dan di mana mereka lahir, begitu juga tenaga pengajar yang berada di Indonesia, harusnya mereka sadar kemampuan mereka harus semakin ditingkatkan agar siswa yang mereka didik menjadi orang yang terdidik dan beilmu. Perlu ada pemerataan tenaga pengajar dan peningkatan kualitas tenaga pengajar di seluruh Indonesia dan kuncinya adalah tekad dan tanpa korupsi.
Mayoritas penduduk Indonesia tidak merasakan perguruan tinggi. Kenapa? Alasannya adalah biaya, apalagi tingkat kemiskinan Indonesia yang tinggi, dan dana beasiswa dan keringanan biaya pendidikan tinggi yang terkesan ditutup-tutupi baik oleh pemerintah pusat maupun daerah. Pemerintah Indonesia hanya mampu menyediakan pendidikan dasar dan menengah pertama gratis. Pemerintah tidak membiayai pendidikan menengah atas dan perguruan tinggi. Namun, apakah pendidikan dasar dan pendidikan menengah pertama dijamin gratis? Tidak ada pihak yang menjamin tidak adanya pungutan liar di sekolah dasar dan menengah pertama. Bisa jadi pungutan liar terjadi tanpa sepengetahuan publik, atau mungkin dengan sepengetahuan penduduk sekitar namun sengaja dirahasiakan atau biasa kita sebut dengan rahasia umum. Hal ini tentu membuat masyarakat yang kurang mampu berpikir dua kali untuk sekolah. Mereka hanya mampu mengikuti pendidikan dasar dan pendidikan menegah pertama. Ditambah lagi saat diterapkan biaya gratis untuk sekolah dasar dan menengah pertama, sempat terjadi penurunan kualitas guru karena gaji yang tidak jelas. Hal ini tentu berakibat buruk bagi siswa yang dididik. Seharusnya yang dididik dengan sungguh-sungguh adalah orang yang kurang mampu, karena di dasar lubuk hati mereka, mereka sangat ingin untuk sekolah dan memperoleh pendidikan tinggi, namun dengan uang, mereka dikalahkan oleh kalangan menegah ke atas. Seorang enterpreneur pernah bertanya : “mana yang akan lebih kaya di masa depan, anak orang miskin atau anak orang kaya?” jawabannya adalah anak orang miskin, karena dengan kehidupan yang tidak mudah ia belajar untuk berjuang sedangkan anak orang kaya punya segala kemudahan dan tidak tergerak untuk berjuang (hanya segelintir orang, bukan berarti semua orang kaya seperti itu). Contoh nyata adalah : Indonesia, kita sebenarnya kaya namun sekarang kita miskin, dibandingkan dengan jepang, mereka dulu miskin, sekarang mereka kaya. Pada akhirnya rakyat miskin seharusnya dibantu dan biaya pendidikan harus dibuat merata dan transparan, begitu juga dengan beasiswa ataupun keringanan biaya yang tersedia.
Masalah rumit lainnya adalah negara yang lebih maju yang sadar dengan potensi siswa dan masyarakat Indonesia. Banyak siswa-siswa berprestasi Indonesia yang diberikan beasiswa cukup besar bahkan biaya hidup selama di begara tersebut. Begitu juga halnya dengan kaum akademisi dari Indonesia, banyak yang dibayar mahal untuk mengajar di luar negeri. Hasilnya Indonesia terpuruk dan banyak potensi yang disia-siakan. Pada dasarnya sumber daya manusia Indonesia tidak kalah dengan luar negeri, bahkan dalam Olimpiade Internasional, Indonesia sudah sering mendapat juara, namun kesadaran pemerintah dalam merekrut dan memperhatikan orang-orang seperti inilah yang membuat banyak kaum terdidik dan kompeten Indonesia yang bekerja di luar negeri dimana kehidupan dan harta mereka terjamin.
In conclusion, untuk membuat kualitas pendidikan Indonesia maju dan berkembang dibutuhkan gerakan dari seluruh elemen bangsa, pemerintah, mahasiswa, masyarakat umum, tenaga pendidik dan organisasi-organisasi non-pemerintah. Perlu perubahan konsep dan paradigma mengenai hakikat pendidikan. Terlebih lagi transparansi dana dan bantuan pendidikan, karena keinginan masyarakat untuk memperoleh pendidikan sangat dipengaruhi oleh transparansi biaya. Sebagai kaum muda adalah suatu keharusan untuk membawa perubahan dan angin segar bagi segala aspek dimana kita terlibat, mulai dari hal kecil kita bawa perubahan, dari suatu tulisan kita bawa pergerakan. Hidup mahasiswa!

sumber : http://imanuelmrustijono.wordpress.com/2011/09/10/kualitas-pendidikan-indonesia-dan-permasalahannya/

Tulisan ini mungkin sebaiknya menjadi tulisan awal pada BLOG ini. Namun secara tidak sengaja tulisan ini terlupakan karena saya pikir tanpa membaca tulisan ini pun, banyak diantara kita sudah punya alasan sendiri-sendiri untuk memulai belajar C++, salah satunya adalah karena pemrograman C++ umumnya harus dipelajari oleh teman-teman yang mengambil jurusan seperti Sistem informasi,  Teknologi Informasi dan Komputerisasi Akuntansi. Bahasa ini menjadi bahasa pengantar untuk pengenalan dunia pemrograman. Dulu sewaktu memulai belajar pemrograman, alasan utama saya juga karena kami diharuskan menggunakan bahasa pemrograman C/C++ untuk mengimplementasikan teori Algoritma dan Struktur Data (ASD).

Bahasa Pemrograman Mana Yang Harus Saya Pelajari ?
Sekarang saya belajar C++ dan saya juga akan mulai belajar bahasa pemrograman yang lain seperti Java, Delphi, Visual Basic dan mulai berpikir bahasa pemrograman mana yang sebaiknya saya kuasai agar mempermudah saya dalam mencari pekerjaan setelah lulus nanti. Pada saat ini pemrograman Java sedang menjadi Idola.

Bagi yang menguasai pemrograman satu ini bisa dipastikan akan mudah mendapatkan pekerjaan. Dalam dunia pemrograman kita dituntut untuk bisa belajar pemrograman sesuai dengan tuntutan proyek. “Jika konsumen menginginkan Java maka kita harus pakai java, jika konsumen menginginkan Visual Basic maka kita juga harus menggunakan Visual Basic walaupun sebelumnya kami tidak mempunyai pengalaman dengan Visual Basic“, ungkapan seorang progremer.
Saya menyimpulkan bahwa sebaiknya kita benar menguasai betul konsep pemrograman dan logikanya, karena dengan demikian kita akan bisa belajar dengan cepat bahasa pemrograman yang lain.
Apakah bahasa C/C++ bisa dibutuhkan juga dalam dunia kerja ?
Jawabannya adalah Ya. Teman-teman bisa browsing dan cari informasi tentang lowongan kerja sebagai programmer C++, tentu teman-teman akan menemukan. Di Jerman misalnya, perusahaan yang bergerak dibidang embedded system umumnya mencari programmer C++ dan gaji yang ditawarkan juga tidak tanggung-tanggung. Menurut saya hal ini sangat beralasan, karena untuk membuat program pada embedded system, dibutuhkan orang-orang yang betul-betul menguasai bagaimana memanajemen program sehingga bisa berjalan dengan cepat dan juga bisa menggunakan memori yang tersedia dengan baik. Jika hal ini tidak diperhatikan, error yang akan muncul adalah runtime error yang sulit dimengerti jika dibandingkan dengan compiletime error.
Apakah program C/C++ digunakan juga untuk membuat aplikasi canggih yang ada saat ini?
Jawabannya lagi-lagi IYA. Saya yakin teman-teman tahu tentang aplikasi google earth, skype. Aplikasi ini dibuat menggunakan QT yang menggunakan C++ sebagai modul intinya.
Belajarlah dengan giat dan jangan mudah putus asa, perbanyak latihan dan baca buku
Mari Berlatih Bahasa C++
Tulisan tentang “Mari Belatih Bahasa C++” adalah seri belajar bahasa pemrograman C++ dari awal yang ditujukkan untuk teman-teman yang baru belajar pemrograman. Harapannya adalah denganmengikuti seri ini, teman-teman akan belajar menggunakan pengetahuan yang sudah dipelajari di bangku kuliah atau pelajari lewat materi yang disediakan di website ini, untuk menyelesaikan persoalan mulai  dari yang tingkat dasar sampai dengan tingkat lanjut. Dengan berlatih, mudah-mudahan kemampuan pemrograman teman-teman akan bisa semakin baik.
Download Artikel dan Contoh Source Code 

Dalam pengolahan data menggunakan computer sering dilakukan penyimpanan data yang diletakkan ke dalam file. Data yang akan disimpan ke dalam file harus dilakukan bagaimana menulis, membaca, mencari data ke dalam file.Dalam Bahasa C++ file header untuk perintah-perintah yang termasuk dalam kategori file adalah fstream.h. Modus-modus dalam pembukaan file : ios::in untuk membuka file operasi masukkan, ios ::out untuk membuka file operasi keluaran, ios::beg untuk menentukan posisi awal file, ios::end untuk menentukan posisi akhir file. salah satu cara pengaksesan data didalam file dengan cara pengaksesan secra random. Berikut adalah program pengaksesan data secara random :

Contoh:
 
#include<iostream.h>
#include<fstream.h>
#include<conio.h>
void main()
{
char karakter;
clrscr;
fstream fhuruf("huruf.dat",ios::in|ios::out);
cout<<"Menulis Karakter A sampai Z ke file"<<endl;
for(char huruf='A';huruf<='Z' ;huruf++)
fhuruf<<huruf;
cout<<"selesai"<<endl;
cout<<endl;
cout<<"Menulis Karakter A sampai Z ke file"<<endl;
for(char huruf='A';huruf<='Z' ;huruf++)
{
fhuruf.seekg(huruf-'A',ios::beg);
fhuruf.get(karakter);
cout<<karakter;
}
cout<<endl;
cout<<endl;
cout<<"Membaca karakter Pertama dan Terakhir"<<endl;
fhuruf.seekg(0,ios::beg);
fhuruf.get(karakter);
cout<<"karakter Pertama  : "<<karakter<<endl;
fhuruf.seekg(-1,ios::end);
fhuruf.get(karakter);
cout<<"karakter Terakhir : "<<karakter<<endl;
fhuruf.close();
getch();
}

Hasilnya :

hasil1

Agar dapat digunakan untuk menentukan posisi data sesuai keinginan pemakai, missal : dimasukkan posisi 2 akan keluar huruf B, dimasukkan posisi 4 akan keluar huruf D dan sebagainya. ubah kode programnya seperti di bawah :
#include<iostream.h>
#include<fstream.h>
#include<conio.h>
void main()
{
char karakter;
int posisi;
clrscr;
fstream fhuruf("huruf.dat",ios::in|ios::out);
cout<<"Menulis Karakter A sampai Z ke file"<<endl;
for(char huruf='A';huruf<='Z' ;huruf++)
fhuruf<<huruf;
cout<<"selesai"<<endl;
cout<<endl;
cout<<"Menulis Karakter A sampai Z ke file"<<endl;
for(char huruf='A';huruf<='Z' ;huruf++)
{
fhuruf.seekg(huruf-'A',ios::beg);
fhuruf.get(karakter);
cout<<karakter;
}
cout<<endl;
cout<<endl;
cout<<"Membaca karakter sesuai dengan posisi yang di inputkan"<<endl;
cout<<"Posisi : "; cin>>posisi;
posisi=posisi-1;
fhuruf.seekg(posisi,ios::beg);
fhuruf.get(karakter);
posisi=posisi+1;
cout<<"Karakter pada posisi "<<posisi<<" adalah : "<<karakter<<endl;
fhuruf.close();
getch();
}

Hasilnya :

hasil2

Sekarang kita akan membuat program yang memasukkan data siswa ke dalam file : Ramdani, Sutrima, handoko, Sarojo, Ardila, Andani.
#include<iostream.h>
#include<fstream.h>
#include<conio.h>
main()
{
fstream file_keluaran("mahasiswa.txt", ios:: app);
cout<<"Data mahasiswa :"<<endl;
file_keluaran<<"Ramdani"<<endl;
file_keluaran<<"Sutrima"<<endl;
file_keluaran<<"Handoko"<<endl;
file_keluaran<<"Sarojo"<<endl;
file_keluaran<<"Ardila"<<endl;
file_keluaran<<"Andani"<<endl;
file_keluaran.close();
getch();
}
File yang dihasilkan :

hasil3
hasil4

Isi mahasiswa.txt


Contoh Switch di C++


#include<iostream.h>
#include<conio.h>
main()
{
int kode,jmlunit;
float harga,diskon,sbldiskon,hargatotal,uterima,kembalian;
cout<<"Jumlah Unit : ";
cin>>jmlunit;
cout<<"Harga : ";
cin>>harga;
sbldiskon=jmlunit*harga;
cout<<"Total sebelum diskon : "<<sbldiskon<<endl;
if ((sbldiskon>25000)&&(sbldiskon<=50000))
kode=1;
else if ((sbldiskon>50000)&&(sbldiskon<=75000))
kode=2;
else if ((sbldiskon>75000) &&(sbldiskon<=100000))
{
kode=3;
}
else if (sbldiskon>100000)
{
kode=4;
}

switch(kode)
{
case 1:
diskon=sbldiskon*0.25;
break;
case 2:
diskon=sbldiskon*0.3;
break;
case 3:
diskon=sbldiskon*0.5;
break;
case 4:
diskon=sbldiskon*0.75;
break;
default :
diskon=0;
}
cout<<"Kode : "<<kode<<endl;
cout<<"Diskon : "<<diskon<<endl;
hargatotal=sbldiskon-diskon;
cout<<"Harga Total : "<<hargatotal<<endl;
cout<<"Uang diterima : ";
cin>>uterima;
kembalian=uterima-hargatotal;
cout<<"Kembalian : "<<kembalian<<endl;
getch();
}
Hasil

modul3.jpg





Perintah input dan keluaran

inputoutput.gif


#include<iostream.h>
#include<conio.h>
main()
{
int lembar;
float harga,diskon,jumlah,bayar,dibayar,kembalian,kurang;
cout<<"| ================== |"<<endl;
cout<<"|==========TRANSAKSI FOTOCOPY============|"<<endl;
cout<<"| ================== |"<<endl;
cout<<"|========================================|"<<endl;
cout<<"| Jumlah lembar fotocopy : " ; cin>>lembar;
gotoxy (42,5); cout <<"|"<<endl;
cout<<"| Harga perlembar : Rp. " ; cin>>harga;
gotoxy (42,6); cout <<"|"<<endl;
jumlah=lembar*harga;
diskon=jumlah*0.1;
bayar=jumlah-diskon;
cout<<"| Jumlah bayar : Rp. "<<jumlah<<endl;
gotoxy (42,7); cout <<"|"<<endl;
cout<<"| Diskon : Rp. "<<diskon<<endl;
gotoxy (42,8); cout <<"|"<<endl;
cout<<"| Besar pembayaran : Rp. "<<bayar<<endl;
gotoxy (42,9); cout <<"|"<<endl;
cout<<"|========================================|"<<endl;
cout<<"| Dibayar : Rp. "; cin>>dibayar;
gotoxy (42,11); cout <<"|"<<endl;
cout<<"|========================================|"<<endl;
kembalian=dibayar-bayar;
kurang=bayar-dibayar;
if (dibayar>=bayar)
cout<<"| LUNAS, kembalian : Rp. "<<kembalian<<endl;
else
cout<<"| TIDAK LUNAS, kurang : Rp. "<<kurang<<endl;
gotoxy (42,13); cout <<"|"<<endl;
cout<<"|========================================|"<<endl;
getch();
}

Semoga bermanfaat .

Ok, sebelum saya langsung ke tutorial, mungkin ada dari kalian yang belum mengetahui apa sih Linux?
Linux adalah Operating System seperti UNIX, yang merupakan implementasi independen dari POSIX, meliputi true-multitasking, virtual memory, shared libraries, demand-loading, proper memory management, dan multiuser.
Linux seperti layaknya UNIX, mendukung banyak software mulai dari TEX, X Window, GNU C/C++ sampai ke TCP/IP.

Linux adalah sistem operasi yang disebarkan secara luas dengan gratis di bawah lisensi GNU General Public License (GPL), yang berarti juga source code Linux tersedia. Itulah yang membuat Linux sangat spesial.

Linux masih dikembangkan oleh kelompok-kelompok tanpa dibayar, yang banyak dijumpai di Internet, tukar-menukar kode, melaporkan bug, dan membenahi segala masalah yang ada. Setiap orang yang tertarik dipersilahkan untuk bergabung dalam pengembangan Linux.
Linux pertama kali dibuat oleh Linus Torvalds di Universitas Helsinki, Finlandia. Kemudian Linux dikembangkan lagi dengan bantuan dari banyak programmer dan jagoan UNIX di Internet. Sekarang Linux bisa diperoleh dari distribusi-distribusi yang umum digunakan, misalnya RedHat, Debian, Slackware, Caldera, Stampede Linux, TurboLinux dan lain-lain.

Kernel yang digunakan adalah sama-sama Linux, sedangkan perbedaannya hanyalah paket-paket aplikasi yang disertakan, sistem penyusunan direktori, init style, dll.

Linux dulunya adalah proyek hobi yang dikerjakan oleh Linus Torvalds yang memperoleh inspirasi dari Minix. Minix adalah sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andy Tanenbaum. Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Kemudian pada bulan Oktober 1991 tanggal 5, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu 0.02 yang hanya dapat menjalankan bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler).
Sekarang Linux adalah sistem UNIX yang lengkap, bisa digunakan untuk jaringan (networking), pengembangan software, dan bahkan untuk sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternatif OS yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan OS komersial, dengan kemampuan Linux yang setara bahkan lebih.

siip langsung aja ya Mengenal dasar Linux.

Linux terinspirasi oleh sistem operasi Unix yang pertama kali muncul pada tahun 1969, dan terus digunakan dan dikembangkan sejak itu. Banyak dari konvensi disain untuk Unix juga ada pada Linux, dan adalah bagian penting untuk memahami dasar-dasar dari sistem Linux.Orientasi utama dari Unix adalah penggunaan antarmuka baris perintah, dan warisan ini ikut terbawa ke Linux. Jadi antarmuka pengguna berbasis grafik dengan jendela, ikon dan menunya dibangun di atas dasar antarmuka baris perintah. Lagipula, hal ini berarti bahwa sistem berkas Linux tersusun agar dapat dengan mudah dikelola dan diakses melalui baris perintah.
Sistem berkas Linux dan Unix diorganisir dalam struktur hirarki, seperti pohon. Level tertinggi dari sistem berkas adalah / atau direktori root. Dalam filosofi disain Unix dan Linux, semua dianggap sebagai berkas, termasuk hard disks, partisi dan removable media. Ini berarti bahwa semua berkas dan direktori (termasuk cakram dan partisi lain) ada di bawah direktori root.
Sebagai contoh, /home/jebediah/cheeses.odt menampilkan alur (path) ke berkas cheeses.odt yang ada di dalam direktori jebediah yang mana ada di bawah direktori home, yang berada di bawah direktori root (/).
Di bawah direktori root (/), ada beberapa kumpulan direktori sistem penting yang umum digunakan oleh banyak distribusi Linux lainnya. Di bawah ini adalah daftar dari direktori umum yang berada tepat di bawah direktori root (/) :

  • /bin – aplikasi biner penting
  • /boot – lokasi berkas konfigurasi untuk boot.
  • /dev – berkas peranti (device)
  • /etc – berkas konfigurasi, skrip startup, dll (etc)…
  • /home – direktori pangkal (home) untuk pengguna
  • /liblibraries yang diperlukan oleh sistem
  • /lost+found – menyediakan sistem lost+found untuk berkas yang berada dibawah direktori root (/)
  • /media – mount (memuat) removable media seperti CD-ROM, kamera digital, dll…
  • /mnt – untuk me-mount sistem berkas
  • /opt – tempat lokasi untuk menginstal aplikasi tambahan (optional)
  • /proc – direktori dinamis khusus yang menangani informasi mengenai kondisi sistem, termasuk proses-proses (processes) yang sedang berjalan
  • /root – direktori pangkal untuk root, diucapkan ‘slash-root’
  • /sbinsistem biner penting
  • /sys – mengandung informasi mengenai system
  • /tmp – berkas sementara (temporary)
  • /usr – tempat aplikasi dan berkas yang sering digunakan oleh pengguna (users)
  • /var – berkas variabel seperti log dan database
Semua berkas dalam sistem Linux mempunyai hak akses yang dapat mengizinkan atau mencegah orang lain dari menilik, mengubah atau mengeksekusi. Pengguna super “root” mempunyai kemampuan untuk mengakses setiap berkas dalam sistem. Setiap berkas memiliki pembatasan akses, pembatasan pengguna, dan memiliki asosiasi pemilik/grup.
Setiap berkas dilindungi oleh tiga lapis hak akses berikut ini:

  • pengguna berlaku bagi pengguna yang adalah pemilik dari suatu berkas
  • grup berlaku bagi grup yang berhubungan dengan suatu berkas
  • lainnya berlaku bagi semua pengguna lainnya
Di dalam setiap dari tiga setelan hak izin ada hak izin sesungguhnya. Hak izin, dan cara penggunaannya untuk berkas dan direktori, diuraikan dibawah ini:

  • baca berkas dapat ditampilkan/dibuka isi direktori dari ditampilkan
  • tulis berkas dapat disunting atau dihapus isi direktori dari dimodifikasi
  • eksekusi berkas eksekusi dapat dijalankan sebagai program direktori dapat dimasuki
Untuk menilik dan menyunting hak izin pada berkas dan direktori, buka Applications->Accessories->Home Folder dan klik kanan di berkas atau direktori. Kemudian pilih Properties. Info hak izin ada di tab Permissions dan Anda dapat mengubah seluruh level hak izin, apabila Anda adalah pemilik dari berkas tersebut.
Bekerja dengan baris perintah tidaklah tugas yang menakutkan seperti yang Anda pikir sebelumnya. Tidak dibutuhkan pengetahuan khusus untuk mengetahui bagaimana menggunakan baris perintah, ini adalah program seperti yang lainnya. Semua tugas di Linux dapat diselesaikan menggunakan baris perintah, walaupun telah ada alat berbasis grafik untuk semua program, tetapi kadang-kadang itu semua tidak cukup. Disinilah baris perintah akan membantu Anda.
Terminal berada di Applications->Terminal . Terminal sering disebut command prompt atau shell. Di masa lalu, hal ini adalah cara pengguna untuk berinteraksi dengan komputer, dan para pengguna Linux berpendapat bahwa penggunaan perintah melalui shell akan lebih cepat dibanding melalui aplikasi berbasis grafik dan hal ini masih berlaku sampai sekarang. Disini Anda akan mempelajari bagaimana menggunakan terminal.
Kegunaan awal dari terminal adalah sebagai peramban (browser) berkas dan kenyataannya saat ini masih digunakan sebagai peramban berkas, di saat lingkungan berbasis grafik tidak tersedia. Anda dapat menggunakan terminal sebagai peramban berkas untuk melihat berkas dan membatalkan perubahan yang telah dibuat.

Perintah Umum


Menilik Direktori – ls
Perintah ls (LiSt) melihat daftar berkas dalam suatu direktori.
Membuat Direktori: – mkdir (nama direktori)
Perintah mkdir (MaKeDIRectory) untuk membuat direktori.
Mengubah Direktori: – cd (/direktori/lokasi)
Perintah cd perintah (ChangeDirectory) akan mengubah dari direktori Anda saat ini ke direktori yang Anda tentukan.
Menyalin Berkas/Direktori: – cp (nama berkas atau direktori) (ke direktori atau nama berkas)
Perintah cp (CoPy) akan menyalin setiap berkas yang Anda tentukan. Perintah cp -r akan menyalin setiap direktori yang Anda tentukan.
Menghapus Berkas/Direktori: – rm (nama berkas atau direktori)
Perintah rm perintah (ReMove) akan menghapus setiap berkas yang Anda tentukan. Perintah rm -rf akan menghapus setiap direktori yang Anda tentukan.
Ganti Name Berkas/Direktori – mv (nama berkas atau direktori)
Perintah mv (MoVe) akan mengganti nama/memindahkan setiap berkas atau direktori yang Anda tentukan.
Mencari Berkas/Direktori: – mv (nama berkas atau direktori)
Perintah locate akan setiap nama berkas yang anda tentukan yang ada di dalam komputer. Perintah ini menggunakan indeks dari berkas dalam sistem Anda untuk bekerja dengan cepat: untuk memutakhirkan indeks ini jalankan perintah updatedb. Perintah ini berjalan otomatis setiap hari, apabila komputer Anda nyala terus setiap hari. Dan perintah ini harus dijalankan dengan hak istimewa administratif
Anda juga dapat menggunakan wildcard untuk mencocokkan satu atau lebih berkas, seperti “*” (untuk semua berkas) atau “?” (untuk mencocokkan satu karakter).

Kali ini saya akan memberikan sedikit Ebok Gratis untuk anda. walau hanya sedikit semoga bermanfaat SmileSmile
silakan download.

Title
Category
Size
Download
web
1.4 MB
3241 Times
web
330 KB
2567 Times
networking
228 KB
2460 Times
web
717KB
127 Times
web
1,1MB
135 Times
web
304 KB
1280 Times
web
243 KB
1212 Times
office
479KB
92 Times
office
8MB
88 Times
office
394 KB
727 Times

*Ebook Dasar-Dasar Jaringan Komputer



Ebook dasar-dasar jaringan ini digunakan untuk pre-instalasi dan konfigurasi Server dan Jaringan Komputer, khususnya yang berhubungan dengan ClearOS.


Memuat materi-materi sebagai berikut :
BAB I       : Peralatan jaringan
BAB II      : Pengkabelan
BAB III     : Topologi jaringan
BAB IV      : IP Address
BAB V       : Subnetting
BAB VI      : TCP Port 
BAB VII     : Load Balance
BAB VIII    : Remote system


Dowload Link :
Online view via Scribd.com
via Indowebster
via 4Shared
via Mediafire
via Depositfiles
via Hotfile

*ebook microtik download disini

*ebook perintah dasar linux download disini

Ayo share ke teman-teman anda wakaka
Diberdayakan oleh Blogger.