Halloween party ideas 2015

Program C++ mempunyai struktur sebagai berikut :





















Penjelasan :

#include <iostream>   // Header
pernyataan yang diawali dengan tanda (#) merupakan pernyataan untuk menyertakan preprocessor. Pernyataan ini bukan untuk dieksekusi. #include <iostream> berarti memerintahkan kompiler untuk menyertakan file header iostream. Dalam file header ini, terdapat beberapa fungsi standar yang dipakai dalam proses input dan output. Seperti misalnya perintah cout yang dipakai dalam program utama.


using namespace std;
Namespace digunakan untuk menghindari name collision atau tubrukan nama yang sama. Std sendiri adalah namespace yang digunakan untuk standard template library di C++. Jadi semua fungsi & template class STL didefinisikan didalam namespace "std".

int main ()
baris ini menandai dimulainya kompiler akan mengeksekusi program. Atau dengan kata lain, pernyataan main sebagai penanda program utama. Adalah suatu keharusan, dimana sebuah program yang ditulis dalam bahasa C++ memiliki sebuah main. main diikuti oleh sebuah tanda kurung () karena main merupakan sebuah fungsi. Dalam bahasa C++ sebuah fungsi harus diikuti dengan tanda (), yang nantinya dapat berisi argumen. Dan sintak formalnya, sebuah fungsi dimulai dengan tanda {}, seperti dalam contoh program.

cout << "Hello World!";
perintah ini merupakan hal yang akan dieksekusi oleh compiler dan merupakan perintah yang akan dikerjakan. cout termasuk dalam file iostream. cout merupakan perintah untuk menampilkan ke layar. Perlu diingat, bahwa setiap pernyataan dalam C++ harus diakhiri dengan tanda semicolon/titik koma (;) untuk memisahkan antara pernyataan satu dengan pernyataan lainnya.

return 0;
pernyataan return 0; akan menyebabkan fungsi main() menghentikan program dan mengembalikan nilai kepada main.

Semoga bermanfaat .

Posting Komentar

  1. akhirnya saya jadi tau apa itu misalnya int main() dan lain" , sya sudh cari" nemu juga disini , maksih yah sob tutorialnya , berguna buat saya ,, terus kembangkan creativenya yah ^_^ hehe

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.