Halloween party ideas 2015

Definisi HTML

HTML adalah sebuah bahasa untuk menampilkan halaman sebuah website. HTML merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language, HTML bukan termasuk bahasa pemrograman, HTML adalah “markup language“, “markup language” ini merupakan sekumpulan “tag“. “tag” inilah yang digunakan untuk menampilkan halaman website dalam tampilan tertentu.

Tag

Tag adalah teks khusus (markup) yang terdiri dari nama tag yang diapit oleh karakter “<” (tanda lebih kecil) dan “>” (tanda lebih besar). Contoh tag <body> : adalah tag dengan nama tag body. Tag umumnya ditulis secara pasangan yaitu tag pembuka dan tag penutup. Contoh tag pembuka : <body> dan tag penutup </body> (ditambah tanda “/”).

Dokumen HTML = Halaman Website

Tujuan sebuah web browser seperti Internet Explorer atau Firefox adalah untuk membaca dokumen HTML dan menampilkannnya sebagai halaman web. Web browser tidak menampilkan tag HTML tetapi menggunakan tag untuk menampilkan isi dari halaman tersebut.
Contoh HTML sederhana :
1<html>
2<head>
3<title>Judul Halaman</title>
4</head>
5<body>
6<h1>Heading</h1>
7<p>Isi paragraf disini.</p>
8</body>
9</html>

Ekstensi HTML atau HTM?

Ketika menyimpan dokumen HTML, mungkin anda sempat bingung antara menggunakan ekstensi “html” atau “htm”. Tidak perlu khawatir anda bebas menentukan salah satunya, lebih baik konsisten gunakan salah satu untuk mempermudah anda mengingat nama file. Sekedar diketahui ekstensi “htm” digunakan karena kebiasaan dari dulu ketika software hanya mengijinkan 3 digit untuk ekstensi sebuah file. Tapi sekarang anda bisa menggunakan ekstensi “html”.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.